Resensi : Menikmati KetidakPastian

Judul resensi                          :Menikmati Ketidakpastiana
Judul buku                             :Tahapan kritis dalam medesain kesuksesan
nama penulis                          : Ade Febransyah
editor                                    : Noer Eka Wijaya
tebal buku                             : 199 hal
haga buku                             : Rp. 35.000,00
tahun terbit                            : 2009
penerbit                                 : PT Gramedia Pustaka Utama
cetakan ke                            : 1
resensator                             : Reni Prasetia Nurmawati
            Buku ini merupakan kumpulan tulisan pendek penulis yang dikelmpokkan menjadi tiga bagian dengan mengangkat tema besar seperti : (1) inovasi dan pengembangan produk, (2) pengambilan keputusan, dan (3) proses dan jejaringan pasokan. Bagian pertama berisikan tulisan-tulisan yang mengangkat tema inovasi dan pengembangan produk. Dalam era ekonomi inovasi sekarang ini, hanya tersedia pilihan-pilihan yang menggalaukan bagi para pelaku bisnis seperti : inovasi atau mati. Proses inovasi dalam pengembangan produk baru pun selalu dihadapkan dengan pengambilan keputusan dalam ketidakpastian, dan hal tersebut tidak kalah menggalaukan dengan pilihan : inovasi atau mati. Meskipun demikian, penulis memaparkan bahwa ketidakpastian tetp hars dinikmati dan serentetan pengambilan keputusan tetap harus diambil. Bagian pertama dalam tema ini dibuka dengn tulisan berjudul “Merindukan Dinosaurus”. Penulis melihat bahwa karya inovasi haruslah seperti dinosaurus, dalam artian sesuatu yang langka, yang berbeda dari kerumunan. Setelah itu ada tulisan “Kitalah Sumber Inovasi”  yang dapat menydarka kita bahwa dalam berinovasi, hendknya kita melihat manusia, terutama dari diri kita sendiri karena dari kitalah semua inovasi itu berasal. Juga ada tulisan “Proyeksi Kesuksesan Produk Baru” yang menawarkan perspektif dalam mengukur keuksesan produk baru. Selama ini karya inovasi lebih banyak ditujukan kepada mereka yang berdaya beli tinggi. Dari pernyataan tersebut kemudian penulis mengakhiri tema pertama dengan tulisan berjudul “Inovasi Sosial : Sebuah Mandat Baru” yang diperlukn ketika kita harus berinovasi untuk mereka yang berada dipiramida terbawah.
            Bagian kedua tema buku ini dimulai dengan tulisan “Memenangi Pengambilan Keputusan”, yaitu bagaimana sebaikinya seseorang mengambil keputusan. Tulisan “D-Thingkng dalam Pengambilan Keputusan” memberikan gambaran bagaimana kita tidak akan mampu mencari yang terbaik dalam persoalan yang begitu kompleks karena pilihan persoalannya memang tidak tersedia. Yang bisa kita lakukan menurut teori satisficing yang dipaparka oleh Ade dalam buku ini adalah dengan mempersiapkan kriteria yang cukup baik dan langsung megambil alternatif yang sudah memenuhi kriteria tersebut. Khusus dalam tulisan “Menbuat Keputusan yang lebih Baik”, nuansa akademiknya lebih terasa ketimbang tulisan-tulisan yang lainnya. Penulis sengaja melakukn ini untuk mengapresiasi pemikiran-pemikiran utama yang melandasi teori pengambilan keputusan.
            Bagian ketiga tema buku ini mengupas permasalahan yang berkaitan dengan proses dan jejaringan pasokan atau bisa juga disebut rantai suplai. Proses pertambahan nilai yag dijalankan setiap pelaku bisnis, sebagaimana mengubah  input yang tidak bernilai menjadi output yang bernilai dimata kastemer, dan ini perlu desain dan inovasi yang tepat. Sebagai penutup di buku ini, penulis menampilkan tulisan “Bangsa yang berkemampuan : Siapkah Kita?” yag mencoba mengajakkita untuk melihat apa yang sudah kita capainsebagai suatu bangsa dan melihat bagaimana pencapaian tersebut. Ketidkpastia nasib bangsa merupaka suatu tabir misteri ; dimana pintu-pintu ketidakpastia harus dibuka satu per satu oleh siapa pun yang berkepentingan terkait bangsa ini dimasa depan.
            Buku ini berisi tulisan-tulisan yang menarik dan membangkitkan keingintahuan, dengan berlandaskan pada teori-teori manajemen yang sudah teruji dan ditulis dengan bahasa yang logis dan populer tanpa kehilangan sentuhan akademis yang analitis. Selain untuk memperkaya pengetahuan, buku ini juga menginspirasi serta mendorong kita untuk menemukan solusi inovasi yang muncul ditengah ketidakpastian pasar. Dengan desain cover yang menarik serta judul yang menimbulkan tanda tanya besar, jelas sekali bahwa buku ini mampu mengusung pembacanya.
            Terlepas dari semua kelebihan-kelebihannya, buku yang ditulis oleh Ade Febransyah ini juga memiliki kekurangan, seperti ; walaupun ditulis dengan menggunakan bahasa yang populer tetapi buku ini masih agak sulit dimengerti oleh kalangan awan atau pembaca-pembaca yang bukan dari kalangan berpendidikan, selain itu banyak terdapat istilah, baik itu istilah-istilah teori atau kata-kata adopsi dari bahasa asing, tanpa adanya rangkuman istilah, akan mempersulit pembaca dari kalangan awam untuk mengerti isi secara keseluruhan dari buku ini.
            Di sisi lain, buku ini perlu dibaca oleh para pembuat keputusan dan para penggalau ketidakpastian, apa pun bidangnya, Karena ketidakpastian adalah hal yang pasti dihadapi oleh semua orang dari berbagai lini dan ketidakpastin itu harus dinikmati. Buku ini bisa dijadikan referensi karena bertumpu pada teori-teori manajemen yang sudah teruji oleh waktu dan diramu oleh pengalaman pribadi penulis serta studi kasus.

0 Response to "Resensi : Menikmati KetidakPastian"

Posting Komentar